Tuesday, March 18, 2008

Pada tutorial terdahulu kita telah belajar membuat proyek dari awal. Pada kasus tersebut source code dibuat benar-benar dari awal. Pada kasus lain juga bisa terjadi kita telah memiliki source code yang tidak dibuat dengan Eclipse dan kita ingin agar source code itu bisa dikelola dengan Eclipse. Sebagai contoh kasus, downloadlah source code Drupal dari http://www.drupal.org. Source code Drupal ini tidak berbentuk proyek Eclipse, dan sekarang kita ingin mengembangkannya di atas Eclipse. Ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk menjawab kasus seperti ini, yaitu dengan mengkopi file dan dengan mengimport proyek. Untuk membuat proyek dengan cara mengkopi file ikuti langkah berikut (Drupal hanya sebagai contoh kasus, silahkan Anda terapkan cara ini pada source code lain):

  1. Buatlah proyek baru seperti yang telah dijelaskan pada tutorial sebelumnya. Kita akan beri nama proyek ini Drupal (lihat contoh pembuatan project pada tutorial sebelumnya).

  2. Bukalah Windows Explorer atau yang semisalnya dan kopikan semua source code Drupal yang telah didownload sebelumnya ke lokasi proyek Drupal.

  3. Source code Drupal yang baru saja Anda kopikan tidak akan langsung terlihat pada Eclipse. Untuk itu klik kanan proyek Drupal dan klik Refresh pada menu kontektual yang muncul.

Untuk membuat proyek dengan menggunakan fitur import ikutilah petunjuk berikut:

  1. Buatlah project baru dengan nama Drupal

  2. Klik proyek Drupal dan klik perintah Import pada kontekstual menu yang muncul






  1. Pada dialog Select pilih General=>File System, klik Next

    Ini berarti kita akan membuat proyek menggunakan source non-Eclipse yang sudah ada pada sistem file






  1. Pada dialog Select isilah From directory dengan lokasi source code. Selanjutnya pilihlah direktori root yang muncul. Ini berarti kita akan menjadikan direktori ini dan semua isinya sebagai proyek Eclipse.


  2. Klik Finish

    Begitu tombol Finish diklik Eclipse akan mengkopikan semua file Drupal ke lokasi proyek.

Sekarang Anda sudah memiliki proyek Eclipse berisi source code yang telah ada sebelumnya.



1 comment:

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If ossible gives a last there on my blog, it is about the Aparelho de DVD, I hope you enjoy. The address is http://aparelho-dvd.blogspot.com. A hug.